Selasa, 20 April 2010

Sejumlah Universitas di AS Larang Penggunaan iPad

WASHINGTON--Meskipun iPad Apple telah menerima banyak pujian untuk desain dan penggunaannya, ada banyak yang tidak begitu terpikat dengan perangkat ini. Termasuk di dalamnya adalah sejumlah universitas terkemuka di Amerika Serikat.

Masalahnya berasal bukan dari popularitas iPad tetapi dari cara terhubung ke jaringan nirkabel. Princeton University, New Jersey telah memblokir 20 persen akses ke iPads di kampus mereka karena "kerusakan yang dapat mempengaruhi sistem komputer seluruh sekolah itu."

Dalam laporannya, Princeton mengatakan penyebab malfungsi DHCP tidak diketahui, namun jaringan nirkabel universitas itu menjadi terganggu dengan penggunaan iPad. Princeton mengatakan pihak mereka bekerja secara langsung dengan Apple untuk memecahkan masalah jaringan iPad.

George Washington University, di Washington DC juga mengalami hal yang sama, meskipun tidak terkait dengan malfungsi DHCP. "Sistem otentikasi saat ini kami tidak didukung oleh iPhone atau iPad," kata Guy Jones, Chief Technology Officer universitas itu pada TechNewsDaily.

Adanya masalah otentikasi pengguna berarti berarti pengguna tidak dapat login dengan iPad atau iPhone mereka.

Universitas Cornell di New York juga diharapkan masalah iPad, sebagian besar berkaitan dengan perangkat bandwidth nirkabel. Masalah yang sama terjadi ketika iPhone baru keluar. Namun, ketika Cornell melakukan uji khusus untuk malfungsi DHCP, tidak menemukan masalah dengan iPad tersebut.

Jaringan Universitas Cornell saat ini melayani sekitar 70 atau 80 iPad individu, dan hingga saat ini blokir bagi iPad belum dilakukan. Schuster mengkonfirmasi universitas belum diblokir salah satu dari mereka. "Kami tidak pernah melarang salah satu perangkat apapun digunakan di lingkungan universitas," kata Schuster.

Kebanyakan universitas lain masih ramah untuk iPad tersebut. Seton Hill University bahkan berjanji untuk memberikan merek iPad baru untuk seluruh mahasiswa baru masuk tahun ini. Sejauh ini, Seton Hill belum mengungkapkan masalah dengan iPad atau diuraikan pada bagaimana mempengaruhi jaringan universitas.


*epublika.co.id*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar