Selasa, 20 April 2010

EFEK RADIASI

Apa pengaruh radiasi ponsel pada otak ?

1. Riset mereka sendiri menunjukkan ponsel menyebabkan tumor otak.
2. Riset yang mereka danai juga menunjukkan penggunaan ponsel mengatrol risiko tumor otak (2000-2002).
3. Studi Interphone secara konsisten menunjukkan penggunaan ponsel kurang dari 10 tahun melindungi penggunanya dari tumor otak.
4. Riset independen menunjukkan ada risiko tumor otak dari penggunaan ponsel.
5. Meski ada pemelintiran hasil yang sistemik di seluruh studi Interphone, risiko tumor otak yang signifikan dari penggunaan ponsel masih muncul.
6. Studi-studi kemandirian pendanaan industri menunjukkan apa yang bisa diharapkan apabila telepon nirkabel menyebabkan tumor otak.
7. Tingkat bahaya tumor otak dari penggunaan ponsel tertinggi terjadi pada anak-anak, dan semakin belia anak itu mulai mengenal telepon seluler, semakin tinggi risikonya.
8. Sudah banyak pemerintah yang mengingatkan akan bahaya penggunaan ponsel pada anak-anak.
9. Batas paparan ponsel hanya berdasarkan panas yang ditimbulkannya.
10. Perubahan dalam masalah kesehatan terkait dengan medan elektromagnetik sudah disepakati dalam parlemen Eropa.
11. Radiasi ponsel merusak DNA, sebuah sebab kanker yang tak terbantahkan.
12. Radiasi ponsel dapat ditunjukkan membocorkan penghalang otak-darah.
13. Panduan manual ponsel mengingatkan kepada penggunanya untuk menjauhkan ponselnya itu dari tubuh bahkan ketika ia tidak aktif sekalipun.
14. Komisi Komunikasi Federal di Amerika Serikat mengingatkan tentang penggunaan telepon nirkabel.
15. Kesuburan pria bisa rusak akibat radiasi ponsel.


Apakah radiasi ponsel berpengaruh besar pada konsentrasi dan kerja otak?

Tentu saja. Selain beresiko terkena tumor otak, penggunaan Hp yang berlebihan akan sangat berpengaruh pd kesehatan jaringan kerja otak & konsentrasi yang akan beresiko terkena penyakit Alzheimer’s, Multiple Sclerosis & Parkinson’s, Hanya dalam tempo dua menit terpapar pancaran gelombang HP, dpt melemahkan batas pengaman dalam darah, sehingga protein & racun/toksin bocor dan kemudian masuk ke dalam otak. Inilah yg membuka jalan bagi berkembangnya berbagai penyakit seperti Penyakit Alzheimer’s, Multiple Sclerosis & Parkinson’s. Studi lain menunjukkan pengguna HP 30 menit/hari terkena risiko pikun (memory loss) 2x lipat dibanding pengguna HP kurang dr 2 menit/hari. Riset di AS terhadap tikus menunjukkan paparan gelombang HP selama 45 menit menyebabkan terhambatnya kemampuan belajar & ingatan jangka pendek mereka. Riset di Inggris yang disponsori pemerintah menunjukkan keterkaitan antara radiasi HP dg kehilangan ingatan jangka pendek & pikun sesaat.
Sakit Kepala, Pusing-Pusing, Kehilangan Konsentrasi
Riset yang disponsori industry HP terhadap 11.000 pengguna HP 4 – 5 kali sehari menghadapi risiko 3,6 x lebih besar terkena sakit kepala dari pada pengguna HP kurang dari dua kali sehari. Para pengguna jg menghadapi risiko 2,3 kali terkena pusing-pusing dan s,4x terkena kehilangan konsentrasi dibanding non-pengguna. Orang-orang muda menghadapi risiko lebih besar, mereka yg berusia dibawah 30 tahun menghadapi risiko 3–4x lebih besar dibandingkan pengguna yg lebih tua.

seberapa besar pengaruhnya ?
Sesungguhnya setiap ponsel memiliki spesifikasi ukuran banyaknya energi gelombang mikro yg dapat menembus ke dalam bagian tubuh seseorang tergantung pd seberapa dekat ponsel dengan kepala. Paling tidak kurang lebih sebanyak 60 persen dr radiasi gelombang mikro yg diserap & menembus daerah sekitar kepala.

Bagaimana mengatasi pengaruh tersebut ?
* Gunakan telinga kiri untuk berbicara di telepon
* Jangan menggunakan handphone ketika di-charging
* Jangan gunakan Headphone/earphone dalam jangka waktu yg lama
* Ketika batere handphone anda sudah terlihat digrid terakhir, usahakan jangan lagi menggunakan utk menelpon, karena radiasi yg lebih besar
* Gunakan speaker / headset, Headset tak memancarkan radiasi sebanyak ponsel. Para peneliti masih belum sepakat mengatakan mana yang lebih aman, apakah headset yang menggunakan kabel atau yang tidak. Karena konon, headset dengan kabel pun masih mengeluarkan radiasi, meski dalam tingkat kecil. Jadi, jika dalam keadaan sepi, dan tidak mengganggu orang lain, ada baiknya jika sesekali Anda menjawab telepon dengan menggunakan mode speaker.
* Perbanyak mendengar, kurangi bicara HP memancarkan radiasi ketika Anda berbicara atau mengetik SMS, tapi tidak memancarkan radiasi ketika sedang menerima pesan. Maka, usahakan untuk mendengarkan lebih banyak saat bicara dengan HP , ketimbang berbicara.
* SMS, HP tidak menggunakan tenaga banyak ketika kita mengirimkan teks ketimbang ketika ponsel bertugas mengirimkan suara kita. Artinya, tenaga berkurang, radiasi yang dikeluarkan pun juga berkurang. Lagipula, ketika kita mengetik SMS, artinya kita menjauhkan HP dari kepala kita.
* Sejauh lenganKetika Anda menggunakan headset untuk menjawab telepon, usahakan untuk menjauhkan HP dari telinga, dada, atau pinggang. Bagian-bagian tersebut, termasuk perut adalah bagian-bagian tubuh yang mudah menyerap radiasi. Usahakan untuk menjauhkan HPyang sedang menerima telepon lewat headset dari perut Anda.
* Sinyal hilang? Matikan saja. Ketika si ponsel tidak bisa menerima sinyal cukup, ia harus mengeluarkan usaha lebih kencang untuk mencari menara pemancar. Artinya, lebih banyak emisi yang ia keluarkan. Saat Anda harus menggunakan ponsel, upayakan sinyal berada dalam kondisi penuh. Lagipula, ponsel yg terlalu lama berusaha mencari sinyal hanya akan menghabiskan baterainya.
* Tak perlu pelindung, Ketika Anda menggunakan sarung pelindung tambahan untuk telepon, artinya Anda menutup jalur telepon untuk bisa bekerja dengan optimal. Artinya, ia akan berusaha lebih keras untuk mencari sinyal, sehingga lebih banyak radiasi yang ia keluarkan.
* Kurangi penggunaan ponsel pada anak, Otak anak-anak menyerap radiasi ponsel 2x lebih banyak ketimbang org dewasa. Disarankan utk menjauhkan anak-anak dari ponsel untuk melindunginya dari bahaya yg belum diketahui di masa depan.
* Pilih HP yang radiasinya kecil, berikut daftar HP yang radiasinya.
* FCC (salah satu lembaga pemerintah AS) menetapkan batas maksimal besarnya radiasi yang diperbolehkan untuk handphone/telepon genggam. Besarnya radiasi handphone ini dinyatakan dalam SAR (Specific absorption rate). SAR adalah nilai maksimum radiasi yang diserap oleh tubuh per satuan berat. FCC menentukan besarnya SAR untuk handphone adalah maksimal sebesar 1.6 W/kg. Negara-negara di Eropa (European Union) menetapkan besarnya SAR maksimal adalah sebesar 2 W/kg. Handphone/ponsel yang berada di atas batas ini tidak boleh diproduksi & diperdagangkan di negara tersebut. Anda bisa melihat daftar nilai SAR dari berbagai macam merk HP di situs FCC. Jika nilai SAR tinggi, maka radiasi handphone tersebut tinggi. Sepuluh handphone dg nilai SAR paling tinggi adalah (namun masih di bawah batas ‘aman’): Motorola V195s (1.6), Motorola Slvr L6 (1.58 ), Motorola Slvr L2 (1.54), Motorola W385 (1.54), Motorola Deluxe ic902 (1.53) T-Mobile Shadow (HTC) (1.53, Motorola i335 (1.53), Samsung Sync SGH-C417 (1.51), Motorola V365 (1.51), RIM BlackBerry Curve (AT&T) (1.51). Sepuluh handphone dg nilai SAR paling kecil (radiasi kecil) adalah: LG KG800 (0.135), Motorola Razr V3x (0.14), Nokia 9300 (0.21), Nokia N90 (0.22), Samsung SGH-G800 (0.23), Samsung Sync SGH-A707 (0.236), Nokia 7390 (0.26), Samsung SGH-T809 (0.32), Bang & Olufsen Serene (Samsung SGH-E910) (0.33), Motorola Razr2 V8 (0.36)
* Jangan menelepon di mobil tanpa antena eksternal.
* Biasanya ABG remaja atau muda-mudi yg masih hot-hotnya pacaran sering sekali menggunakan handphone berjam2. Apalagi sekarang ada iklan kalo tarifnya murah. Bahkan ada yg nelpon semalaman sampai subuh sambil tiduran. Ini tidak baik karena radiasi handphone yg berlebihan dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Memang penggunaan HP sangat berguna bagi kehidupan manusia, tinggal sekarang bagaimana kita mengatur penggunaannya, jangan berlebihan, apapun jika dilakukan secara berlebihan akan menimbulkan dampak yang tidak baik.

*browsing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar