Selasa, 20 April 2010

Samsung Siapkan Chip NAND 20 Nanometer




VIVAnews - Samsung tidak menunda-nunda untuk menyiapkan proses teknologi terbaru. Selang setahun setelah memproduksi massal chip flash NAND 30 nanometer, produsen asal Korea tersebut mengumumkan produksi chip 20 nanometer pertama dari chip memori flash multi-level cell tersebut.

Chip silikon ini diperkirakan akan mulai bermunculan pada smartphone dan perangkat IT kelas atas serta kartu memori kinerja tinggi, pada akhir 2010 mendatang.

Samsung sendiri memang berhasil menghadirkan chip NAND 30 nanometer berkapasitas 64Gb pada Oktober 2007, akan tetapi versi 20 nanometer yang disediakan baru mampu menyimpan data sebesar 32Gb atau 4GB.

Meski demikian, Samsung mengklaim bahwa komponen 20 nanometer yang akan mereka buat mampu menghadirkan peningkatan kinerja hingga 30 persen dibandingkan dengan kartu SD berbasis teknologi 30 nanometer. Dari sisi kecepatan, teknologi terbaru itu bisa menghadirkan kecepatan baca 20MB per detik dan tulis 10MB per detik. Jika dikombinasikan dalam sebuah SSD, tentunya chip tersebut bisa memiliki transfer rate yang lebih tinggi.

Seperti VIVAnews kutip dari TechReport, 20 April 2010, proses yang lebih ringkas ini memungkinkan memori flash diproduksi dalam ukuran yang lebih kecil serta lebih terjangkau.

Samsung sudah mulai mengirimkan sampel kartu SD 32Gb berbasis teknologi 20 nanometer tersebut pada pelanggan tertentu. Adapun produksi diperkirakan akan meningkat di akhir tahun. Setelah itu, baru pengguna bisa memiliki kartu SD dengan kapasitas 4GB hingga 64GB. (hs)

• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar