Rabu, 14 April 2010

Hati-hati cek palsu

KEBUMEN—Masyarakat Kebumen diminta lebih berhati-hati jika menemukan amplop dokumen yang tercecer di jalan. Pasalnya, diduga hal itu adalah modus penipuan baru yang sedang marak di berbagai wilayah di Indonesia .
Khusus di Kebumen, aksi penipuan itu ternyata tidak hanya terjadi di seputaran kota Kebumen saja. Kini bahkan telah merambah daerah pinggiran kota. Buktinya, Kepala Desa Peniron Kecamatan Pejagoan Triono Adi menemukan sebuah cek senilai Rp 4,7 milyar di ruas jalan raya Tembana-Peniron, belum lama ini.
Cek yang dipastikan palsu itu ditemukan dalam sebuah amplop tertutup berkop PT Wellindo Citra Indah yang beralamat di Surabaya . Selain cek, amplop warna coklat itu juga berisi surat “berharga” lainnya yang juga diduga palsu. Antara lain Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) Besar atas nama PT Wellindo Citra Indah yang beralamat di Jl Kertajaya Indah Timur 14 C-9 Surabaya de-ngan total asset senilai 20 milyar.
Triono Adi menjelaskan, dirinya menemukan amplop itu saat hendak pergi ke Kota Kebumen untuk suatu urusan. Saat menemukan amplop itu, dia mengaku tidak memiliki perasaan apapun. Sebab, sebelumnya dia pernah membaca di surat kabar perihal modus penipuan dengan cara menyebar cek di jalan itu. “Begitu saya tahu ada cek dan SIUP didalam amplop itu, saya yakin ini jelas penipuan. Makanya saya sama sekali tidak tertarik untuk menghubungi nomor telepon yang ada disitu,” bebernya. Hingga kini, amplop beserta seluruh isinya masih dia simpan di rumahnya.
Terkait dengan hal tersebut, Kapolres Kebumen AKBP Ahmad Haydar MM melalui Kasatreskrim AKP Priyo Handoko meminta masyarakat Kebumen untuk lebih waspada dan berhati-hati. (has/jpnn/ton)

Sumber : http://kabar.in/2009/jawa/jawa-tengah/04/22/hati-hati-cek-palsu.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar