Minggu, 30 Oktober 2011

Tugas isd : PANCASILA sila kelima

Contoh Kasus :

Pada akhir-akhir ini curah hujan yang terjadi cukup sering teradi dirumah saya (penulis blog) dimana terdapat aliran-aliran air yang sudah terpenuhi oleh tumbuhnya rumput liar yang mengakibatkan tersumbatnya aliran air tersebut. Keadaan seperti ini warga sekitaran rumah saya berinisiatif melakukan pembersihan lingkungan atau dengan kata lain saling bekeraja bakti memembrsihkan sekitar aliran air tersebut dan sekitaran rumah warga.

Dimana mantan RT (Rukun Tentangga) maupun yang masih menjabat dan Rw (Rukun Warga) pun terjun langsung mengajak para tentangganya untuk turun kelapangan dengan cara pintu ke pintu atau pun seruan-seruan kecil saat perjalanan mereka. Mereka tidak menghiraukan apa jabatan mereka yang penting niat mereka untuk memebersihkan lingkungan untuk terbebas dari banjir dan sarang penyakit.

Kerja baktipun berlangsung dan bagi ibu-ibu yang berniat memberikan makanana ataupun minuman ala kadarnya bagi bapak-bapak yang sedang bekerja menaruhnya didekat tak jauh dari tempat tersebut.

Tema : Pancasila sebagai dasar Negara dan aplikasi dalam kehidupan bernegara

SILA KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA

  1. Mengembangkan perbuatan-perbuatan yang luhur yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan gotong-royong.
  2. Bersikap adil.
  3. Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban.
  4. Menghormati hak-hak orang lain.
  5. Suka memberi pertolongan kepada orang lain.
  6. Menjauhi sikap pemerasan terhadap orang lain.
  7. Tidak bersifat boros.
  8. Tidak bergaya hidup mewah.
  9. Tidak melakukan perbuatan yang merugikan kepentingan umum.
  10. Suka bekerja keras.
  11. Menghargai hasil karya orang lain.
  12. Bersama-sama berusaha mewujudkan kemajuan yang merata dan berkeadilan sosial.

Dimusim penghujan seperti ini biasanya daerah aliran air penuh karena tingkat curah hujan yang tidak menentu, rumput-rumput liar pun tumbuh subur, sampah-sampah yang terbawa pada saat air meluap dan membuat terhambatnya saluran tersebut yang mengakibatkan timbulnya sarang penyakit (nyamuk lebih tepatnya).

Warga sekitar berinisiatif untuk melakukan kerja bakti tampa memandang jabatan apa yang mereka sandang mereka tanggalkan dan membaur membersihkan aliran air tersebut bukan hanya bapak-bapak saja yang bekerja ibu-ibu pun membantu didapur untuk memberikan makanan ataupun minuman ala kadarnya untuk dicicipi melepas letih para pekerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar