Sabtu, 08 Oktober 2011

Kabel telekomunikasi transatlantik

Sebuah kabel telekomunikasi transatlantik adalah sebuah kabel telekomunikasi bawah laut yang membentang di bawah Samudra Atlantik.

Ketika kabel telegraf transatlantik pertama diletakkan tahun 1858 oleh pebisnis Cyrus West Field, kabel ini hanya beroperasi selama sebulan: usaha-usaha selanjutnya tahun 1865 dan 1866 terbukti berhasil. Meski kabel telepon mulai diperbincangkan pada 1920-an, praktiknya membutuhkan serangkaian kemajuan teknologi yang baru muncul tahun 1940-an. Layanan telepon transatlantik berbasis radio dimulai tahun 1927.

TAT-1 (Transatlantic No. 1) adalah sistem kabel telepon transatlantik pertama. Kabel ini dibentangkan antara Gallanach Bay, dekat Oban, Skotlandia dan Clarenville, Newfoundland antara tahun 1955 dan 1956. Kabel ini diresmikan pada 25 September 1956 yang mengangkut 36 saluran telepon. Dalam 24 jam pertama dibuka untuk umum, terjadi 588 panggilan London-AS dan 119 dari London ke Kanada. Kapasitas kabel ini kemudian ditingkatkan menjadi 48 saluran. TAT-1 akhirnya dipensiunkan pada 1978.

Terjadi berbagai pembaruan dalam sistem kabel transatlantik. Semua sistem saat ini menggunakan transmisi serat optik dan topologi cincin swadaya. Pada akhir abad ke-20, satelit komunikasi kehilangan sebagian besar lalu lintas telepon Atlantik Utaranya karena diambl alih oleh kabel berkapasitas tinggi yang rendah biaya ini.



kabel serat optik pertama.

Rangkaian kabel TAT terdiri dari sebagian besar kabel Atlantik Utara. Semua kabel TAT merupakan hasil kerjasama antara sejumlah perusahaan telekomunikasi, misalnya British Telecom. CANTAT adalah kabel telepon transatlantik yang berakhir di Kanada, bukan Amerika Serikat. Ada juga beberapa kabel non-TAT swasta.





Sumber : Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar