Minggu, 15 November 2009

heiii,, rabbit!!










di sini saya akan memberikan sedikit tips yang mudah-mudahan saja bisa membantu merawat hewan yang sering kali di jadikan peliharaan di rumah, silahkan baca,, =)

1. kandang : kandang sebaiknya terbuat dari besi yang di bawahnya adalah kawat, karena dengan begitu dapat dengan mudah membersihkan kotoran kelinci, bersihkan kandang kelinci semnggu sekali atau tiga hari sekali karena kelinci rentan terkena penyakit kulit yang mengakibatkan bulu rontok, timbulnya borok atau luka pada kulit yang bisa mengakibatkan kematian pada kelinci.

2. makanan : apabila anda memelihara kelinci dari kecil jangan sesekali anda memberi makan anak kelinci anda atau baby kelinci dengan sayur-sayuran terutama sayuran yang banyak mengandung banyak air karena kelinci kecil rentan terkena diare yang berlebiihan mengakibatkan isi perut terkuras habis, tidak nabsu makan karena salam perut sudah keluar berupa cairan (kotoran cair), lebih baik kelinci yang masih kecil hanya di beri makan palet atau pelet tidak perlu khusus (kelinci ras biasa) dan air minum secukupnya yang terdapat pada botol khusus hewan. apabila kelinci sudah besar beri makan sayuran di dampingi dengan pelet atau palet jangan lupa air minumnya ya,, n.n

3. mandi : apabila anda hendak memandikan kelinci anda persiapkan secara benar, lihat kondisi kelinci anda apabila terlihat lesu jangan di mandikan, mandikan kelinci dengan shampo khusus hewan atau shampo bayi yang tidak ada dilarang di pergunakan untuk memandikan hewan. keringkan kelinci anda dengan menggunakan handuk bekas apabila anda mempunyai pengering rambut keringkan kelinci anda jika tidak cukup tempatkan pada tempat yang terkena sinar matahari agar kelinci tetap merasa hangat, ingat!! jangan menjemur kelinci anda lama-lama cukup sampai bulu-bulu kembali seperti semula sebelum di mandikan, jangan jemur kelinci dengan tidak di sertakan kandang karena proses pengeringan akan memakan waktu yang lama dan tidak terkontrol, pada saat penjemuran kelinci usahakan sudah terdapat makanan dan minuman untuk kelinci karena selain matahari dia memerlukan makanan dan minuman yang cukup untuk menghangatkan diri dari dalam.

4. tanda : anda merupakan pencinta kelinci?? harus ingat jika anda hendak memberikan tanda kepada hewan kesayangan anda berupa kalung usahakan yang nyaman untuk kelinci anda jika ingin tau keberadaan kelinci anda pada saat di lepas beli lah kalung yang memiliki lonceng, jangan membeli kalung atau memakaikan kalung terlalu dekat dengan posisi leher karena pada saat kelinci itu lapar dan tidak terdapat makanan di kandangnya kelinci cenderung mengigit sertta menarik-narik kalung secara otomatis kelinci akan tercekik kemudian mati.

5. kasih sayang : usahakan sesekali jika anda sibuk luangkan waktu luang hanya sekedar melihat, mengelus kelinci anda karena dengan cara itu kelinci anda insya allah akan menuruti apa yang anda perintahkan seperti halnya kucing atau anjing (jangan salah loh, kelinci saya bila di panggil datang dengan sendirinya tanpa harus di cari)

6. olah raga : senang olah raga atau jarang olah raga?? bagi yang senang berolahraga pada saat pagi hari tepatnya pada saat embun pagi sudah sedikit menghilang lari pagilah bersama kelinci anda (yang sudah menurut pada anda) kelinci senang dengan gerakkan mengikuti orang yang sayang dengannya dan mereka tahan bolak-balik 3-4 putaran bersama majikannya setelah itu mereka pergi untuk istirahat (biasanya di bawa pohon rendah).

7. hati-hati : kelinci memang binatang yang mengemaskan, lemah lembut atau sebagainya. jangan kira kelinci tidak bisa melukai anda?? ada saat memandikan berhati-hatilah terhadap kuku kelinci , kelinci dewasa kukunya cenderung menyayat kulit anda sedangkan bila merasa terancam kelinci akan mengigit dengan gigi mereka. (hati-hati ya kalau memandikan usahakan ada orang dewasa yang mendampingi bukan hanya menonton tv saja yang perlu di dampingi,, hehe).

8. waspadai : jika kelinci anda di lepaskan perhatikan apakah sekitar rumah atau lingkungan anda tidak terdapat kucing, anjing, musang, tikus, elang (jika ada) karena hewan tersebut bisanya memangsa kelinci pada saat kelinci lengah. jika kelinci adna masih baby pantau terus seprti anda memantau orang yang anda sayang agar tidak celaka (lebay,,), jika sudah dewasa kelinci cenderung sudah bisa menjaga dirinya dengan kuku, gigi, serta lari kencang bersembunyi di lubang yang telah di buat sendri (kelinci).

9.lubang : kelinci dewasa membuat lubang dengan tujuan mengasah kuku magar tajam dangigi mereka supaya kuat (ga perlu sikat gigi), mencari semak-semak untuk di gigit dan di masukkan kedalam lubang membuat sarang untuk melahirkan anak-anak mereka.


nah, itu yang bisa saya kasih tau hal-hal tentang kelinci sesuai dengan pengalaman saya merawat beberapa kelinci dan mengalami beberpa ke gagalan susah-susah gampang sii taapi lumayan buat penghilang strees,, n.n selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar