Selasa, 29 November 2011

Tugas ISD November


Pengangguran dan Kemiskinan Hambat Pembangunan Ekonomi 2012

Oleh Rachmat Hidayat | TRIBUNnews.com


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengangguran dan kemiskinan menjadi salah satu faktor utama penghambat dalam rencana pembangunan ekonomi tahun 2012. Selain itu, masalah daerah tertinggal dan kondisi infrastruktur maupun efektivitas birokasi menjadi bantu sandungan yang mesti diwaspadai perekonomian nasional.
"Apalagi yang bersumber dari krisis fiskal dan utang beberapa negara Eropa dan Amerika Serikat yang dapat mengancam pemulihan ekonomi global," kata
Menteri Keuangan Agus Martowardoyo di DPR, Rabu (7/9/2011).
Selain itu, lanjut Menkeu, masalah yang menjadi perhatian antara lain terkait permasalahan kenaikan harga minyak mentah dunia, harga komoditas pangan, dan arus modal jangka pendek. Sementara resiko yang berasal dari domestik, di antaranya soal keterbatasan pembiayaan infrastruktur, juga cadangan sumber energi primer, serta kondisi iklim yang terjadi.
"Pengendalian inflasi masih menjadi tantangan yang perlu mendapatkan perhatian yang serius pada tahun mendatang," ucapnya seraya menjelaskan, dalam rangka mitigasi dan meminimalkan dampak negatif dari berbagai risiko ke depannya, pemerintah telah menyiapkan sejumlah instrumen.
"Skenario pengambilan tindakan, bila terjadi risiko berdampak luas pada perekonomian. Yang mengarah terjadinya krisis ekonomi," papar Menkeu.
Prediksi akan resiko ekonomi yang dihadapi pemerintah, lanjut Agus, pemerintah mengusulkan anggaran cadangan risiko fiskal. Sebagai langkah antisipasi bila terjadi perubahan asumsi makro yang tidak dapat dilaksanakan lagi berbagai langkah kebijakan yang sudah direncanakan dalam anggaran 2012.

Tema : Pengangguran


Inti Permasalahan : Pengangguran dan kemiskinan menjadi salah satu faktor utama penghambat dalam rencana pembangunan ekonomi tahun 2012. Selain itu, masalah daerah tertinggal dan kondisi infrastruktur maupun efektivitas birokasi menjadi bantu sandungan yang mesti diwaspadai perekonomian nasional.
Sebab Akibat : Selain itu, lanjut Menkeu, masalah yang menjadi perhatian antara lain terkait permasalahan kenaikan harga minyak mentah dunia, harga komoditas pangan, dan arus modal jangka pendek. Sementara resiko yang berasal dari domestik, di antaranya soal keterbatasan pembiayaan infrastruktur, juga cadangan sumber energi primer, serta kondisi iklim yang terjadi.
Pembahasan :
Pengangguran adalah seseorang yang tergolong angkatan kerja dan ingin mendapat pekerjaan tetapi belum dapat memperolehnya. Masalah pengangguran yang menyebabkan tingkat pendapatan nasional dan tingkat kemakmuran masyarakat tidak mencapai potensi maksimal yaitu masalah pokok makro ekonomi yang paling utama. Kemiskinan adalah keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan , pakaian , tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan. Kemiskinan dapat disebabkan oleh kelangkaan alat pemenuh kebutuhan dasar, ataupun sulitnya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan. Kemiskinan dapat disebabkan oleh kelangkaan alat pemenuh kebutuhan dasar, ataupun sulitnya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan. Kemiskinan merupakan masalah global. Sebagian orang memahami istilah ini secara subyektif dan komparatif, sementara yang lainnya melihatnya dari segi moral dan evaluatif, dan yang lainnya lagi memahaminya dari sudut ilmiah yang telah mapan.
Diartikel ini disebutkan pengangguran dan kemiskinan merupakan salah satu fator utama penghambat dalam perencanaan ekonomi pada tahun 2012 nanti dan terkait dengan itu ada permasalahan lainnya kenaikan harga minyak mentah dunia, harga komoditas pangan, dan arus modal jangka pendek. Kenaikan harga minyak mentah di pasar dunia yang terjadi dalam empat bulan terakhir ini telah mendorong sembilan negara terdekat Indonesia menaikkan harga jual bahan bakar minyak. Kenaikan harga bahan bakar minyak yang dilakukan dalam kurun waktu November 2010 hingga Februari 2011 itu ada dalam kisaran 9 persen hingga 16 persen. Negara-negara yang menaikkan harga BBM itu adalah Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, China, Jepang, India, Korea Selatan, dan Australia. Negara yang menaikkan harga premium tertinggi adalah Filipina, yakni 11 persen. [kompas.com]
Harga komoditas pangan : Badan PBB untuk Urusan Pangan dan Pertanian (FAO) merilis indeks harga pangan dunia per Januari lalu naik 3,4 persen menjadi 231 poin. Itu merupakan angka tertinggi sejak 1990, saat FAO mulai memantau harga pangan dunia. Naiknya indeks itu terjadi akibat melonjaknya harga sejumlah komoditas pangan, seperti sereal atau padi-padian, gula, dan minyak sayur. Indeks FAO mengukur perubahan harga sejumlah komoditas pangan internasional setiap bulan. Survei itu menjadi barometer bagi para analis dan investor sebagai patokan global tren harga pangan dunia. FAO mengeluarkan data faktor-faktor penyebab naiknya harga pangan dalam tujuh bulan berturut-turut. Empat faktor itu adalah cuaca, tingginya permintaan, berkurangnya hasil panen, dan beralihfungsinya lahan tanaman pangan dari tadinya untuk sumber makanan manusia menjadi bahan bioenergi. [vivanews.com]
Disini bila terjadi pengganguran maka tingkat angka kriminalitas akan terus meningkat karena setiap manusia perlu memenuhi kebutuhannya demi kelangsungan hidupnya dengan cara melanggar hukum maupun tidak dan baik sengaja ataupun tidak yang mereka fikirkan hanya menyambung hidup, dan tindakkan-tindakkan yang akan mereka lakukan adalah mencuri baik mencuri dikeluarga sendiri ataupun dimasyarakat, merampok merupakan tindakkan yang memerlukan kekerasan untuk mendapatkan apa yang ia inginkan bahkan tidak segan-segan akan melukai korbannya apabila melakukan perlawanan, untuk para perempuan akan rela menjual diri memberikan harga dirinya.
Solusinya baik pemerintah maupun pengusaha swasta membuka lowongan pekerjaan demi menekan angka pengangguran, pemerintah menentukan kebijakkan untuk menghapuskan jika bisa minimal mengurangi tingkat angka penangguran itu sendiri, dan menggalang dua anak lebih baik untuk menekan angka pertambahan penduduk agar terciptanya konstruksi pembangunan yang efektif.


(sudah di email ke staff ibu, tolong dicek.. :)) )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar