Rabu, 28 September 2011

Tugas 1 ISD DEFINISI MASYARAKAT

Apakah yang disebut dengan masyarakat itu? Masyarakat tidak hanya sekedar kumpulan orang atau khalayak ramai. Masyarakat memiliki komponen-komponen berikut :

a. sejumlah masyarakat orang yang relatif besar jumlahnya, saling berinteraksi baik antar individu, individu dengan kelompok, maupun antarakelompok sehingga menjadi satu kesatuan sosial budaya.
b. Menjadi struktur dan system sosial budaya, baik dalam sekala kecil (mikro-antar individu), maupun dalam sekala yang lebih luas (makro antarkelompok)
c. Berada dalam suatu kawasan tertentu. Ada dua macam kawasan yang oleh Robert Lawang disebut satuan administratif (desa-kecamatan-kabupaten-provinsi)
d. Berlangsung dalam kurun waktu yang relative lama, antargenerasi.

Sedangkan apa yang dimaksud dengan masyarakat itu sendiri? Masyarakat dalam istilah bahasa inggris disebut society. Dalam bahasa latin, kita mengenal socius yang berarti kawan. Istilah ini paling lazin dipakai dalam tulisan-tulisan ilmiah maupun dalam bahasa sehari-hari untuk menyebut kesatuan-kesatuan hidup manusia. Sedangkan dari akar kata bahasa arab, ada kata syarakat, yang artinya ikut serta, berperan serta.

Dibawah ini merupakan definisi-definisi masyarakat :



























Sumber : yudhistira. 2002. Sosiologi :Suatu Kajian Kehidupan Masyarakat. Jakarta : Yudhistira

Tidak ada komentar:

Posting Komentar