Musim hujan tiba. Terkadang kita tetap harus
melakukan komunikasi dengan ponsel meski di bawah guyuran hujan atau gerimis.
Bisa saja kita sudah berada di tempat yang aman, tapi tiba-tiba ponsel
“melompat” jatuh dari saku atau tas ke kubangan air atau wastafel. Lebih parah
lagi, ponsel kita menyelam dalam lumpur. Wah, bagaimana nih mengatasinya?
Jika musibah seperti itu terjadi, jangan panik. Yang patut diingat, jangan
mencoba menghidupkan ponsel (jika langsung mati setelah terkena air atau
lumpur). Berikut beberapa tips untuk mengatasi hal tersebut.
Bersihkan
Ponsel Anda terjatuh ke dalam lumpur? Mungkin
menambahkannya dengan guyuran air lagi terasa mengerikan, namun kepalang basah,
memang hal itulah yang harus Anda lakukan.
Pegang ponsel Anda secara vertikal agar air mudah
mengalir, tutup bagian lubang pada ponsel seperti jack audio, port USB, speaker
dan mikrofon sebisanya dengan jari, lalu guyur dengan air hingga bersih. Jangan
tambahkan sabun meski tercium bau tak sedap. Hal itu bisa dilakukan nanti setelah
kering.
Keringkan
Keringkan
Semakin cepat Anda mengeringkan ponsel yang basah
tersebut, akan semakin baik. Pertama, jangan hidupkan ponsel atau menekan
tombol apapun ketika ponsel dalam kondisi basah.
Buka casing ponsel lalu lepas baterai. Lap ponsel
dengan handuk atau kain dengan serat halus (microfiber). Tisu pun boleh asalkan
jangan sampai hancur dan meninggalkan kotoran di bodi ponsel.
Jika sudah nampak kering, perlu diingat mungkin
ada partikel air yang masuk ke dalam komponen elektronik ponsel. Cara paling
cepat adalah dengan membuka bodinya. Namun tidak semua orang bisa atau berani
melakukannya.
Ada dua cara lain. Yang pertama, ketuk-ketukkan
ponsel dengan hati-hati ke telapak tangan Anda sampai airnya keluar. Lakukan
hingga benar-benar tak ada bintik-bintik air yang nampak terhadap semua
lubang yang ada, dan ulangi bila perlu. Yang kedua, gunakan hair dryer atau
pengering rambut dari berbagai sudut.
Serahkan ke Ahlinya
Serahkan ke Ahlinya
Jika langkah-langkah di atas gagal untuk
menghidupkan kembali ponsel Anda, maka satu-satunya cara adalah membawanya ke
pusat layanan. Mengingat ini termasuk kesalahan pengguna, pihak vendor biasanya
tidak menanggung biaya perbaikan dan penggantian komponen. Artinya, Anda harus
membayar walaupun ponsel masih dalam masa garansi.
Cara yang terbaik untuk menghindar dari masalah
ini adalah dengan menggunakan headset sehingga ponsel Anda dapat tersimpan
dengan aman di tas atau saku.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar